Oktiana, Putri Kartika (2022) Pengaruh Metode Discovery Learning dan Minat Baca terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_PUTRI_KARTIKA_OKTIANA_20174030_7835_2022).pdf [thumbnail of B1_1_PUTRI_KARTIKA_OKTIANA_20174030_7835_2022).pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_PUTRI_KARTIKA_OKTIANA_20174030_7835_2022).pdf
Download (692kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil keterampilan
menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang yang diajarkan
dengan metode discovery learning dan metode konvensional, mendeskripsikan hasil
keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang yang
memiliki minat baca tinggi dan siswa yang memiliki minat baca rendah yang
diajarkan dengan metode discovery learning dan diajarkan dengan metode
konvensial, dan mendeskripsikan interaksi antara metode discovery learning dan
minat baca terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP
Negeri 6 Padang.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen
semu (quasy experiment). Desain penelitian adalah factorial design (2x2). Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang yang berjumlah
185 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan
didapatkan kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan
kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen
penelitian ini, yaitu angket minat baca dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks
eksplanasi. Penganalisaan data dilakukan secara deskriptif sesuai dengan konsep
penelitian eksperimen.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis
teks eksplanasi pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang
diperoleh Fhitung (k) = 4,91 > Ft (k) = 4,20 pada derajat kepercayaan 0,05. Kedua,
keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang
memiliki minat baca tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki minat baca
rendah yang diperoleh Fhitung (b) = 11,47 > Ftabel = 4,20 pada derajat kebebasan 0,05.
Ketiga, tidak terdapat interaksi antara metode discovery learning dan minat baca
dalam mempengaruhi menulis teks eksplanasi diperoleh dengan pemerolehan Fhitung =
0,33 < Ftabel 4,20.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan tiga hal berikut ini. Pertama,
terdapat perbedaan hasil keterampilan menulis teks eksplanasi yang diajarkan
menggunakan metode discovery learning dan diajarkan menggunakan metode
konvensional yang dibuktikan dengan besarnya Fhitung daripada Ftabel. Kedua, terdapat
perbedaan hasil keterampilan menulis teks eksplanasi antara siswa yang memiliki
minat baca tinggi dan siswa yang memiliki minat baca rendah siswa kelas VIII SMP
Negeri 6 Padang, yang dibuktikan dengan besarnya Fhitung daripada Ftabel. Ketiga,
tidak terdapat interaksi antara metode discovery learning dan minat baca dalam
mempengaruhi keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6
iv
Padang yang dibuktikan dengan Fhitung < Ftabel. Temuan ini menunjukkan, bahwa
antara metode discovery learning dan minat baca tidak saling ketergantungan antara
satu dengan yang lainnya dalam mempengaruhi keterampilan menulis teks
eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:40 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7705 |