Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Artikel Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 1 Payakumbuh

Khaira, Alfin (2017) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Artikel Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 1 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ALFIN_KHAIRA_1200416_273_2017.pdf] Text
B1_03_ALFIN_KHAIRA_1200416_273_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi lapangan ketika peneliti masihmelakukan PLK, didapatkan bahwa siswa kurang mampu mengeluarkan gagasanyang berkaitan dengan pemencahan masalah hal tersebut dikarenakan siswa tidakmampu untuk bernalar mengenai konsep yang dipelajari sehingga hasil belajarsiswa rendah dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran pada matapelajaran IPA Terpadu di SMP Negeri 1 Payakumbuh. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learningberbantuan Media Artikel terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPATerpadu kelas VIII SMP Negeri 1 Payakumbuh.Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen. Populasiyang diambil dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1Payakumbuh yang berjumlah 304 siswa. Pengambilan sampel dengan teknikpurposive sampling sehingga ditetapkan kelas VIII.9 sebagai kelas sampel denganmengunakan model Discovery Learning berbantuan media artikel dan VIII.5sebagai kelas kontrol, masing masingnya berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulandata adalah dengan menggunakan tes dan alat penggumpul data denganmenggunakan lembaran soal yang di berikan kepada siswa dalam bentuk soalobjektif sebanyak 40 butir soal dan data diolah dengan uji perbedaan (t-Test).Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimenyang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Discovery Learningberbantuan media artikel adalah 78,96 dan standar deviasi (SD) sebesar 8,99sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 61,68 dan standar deviasi (SD) sebesar11,51. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-Test) diperoleh thitung 6,69 sedangkan padataraf nyata α 0,05 ttabel 2,000. Jadi thitung > ttabel, dengan demikian dapat disimpulkanbahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learningberbantuan media artikel terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPATerpadu kelas VIII SMP Negeri 1 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model discovery learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:38
Last Modified: 24 Apr 2025 05:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7688

Actions (login required)

View Item
View Item