Syahrin, Alfi (2016) Analisis Framework TOGAF 9.1 Terhadap Sistem E-Learning Untuk Kebutuhan Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_ALFI_SYAHRIN_3579_2016.pdf [thumbnail of B1_03_ALFI_SYAHRIN_3579_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_ALFI_SYAHRIN_3579_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Salah satu pembelajaran yang menggunakan kecanggihan teknologiyakni E-Learning.E-Learning diharapkan bisa menjadi media/sarana yangdigunakan untuk membantu menyediakan waktu dan tempat yang lebih luas,serta menjadi inovasi media pembelajaran yang menarik. Perkembangan inidiharapkan sebagai hal yang menguntungkan karena sangat berpotensi untukdimanfaatkan sebagai media penyampaian bahan pengajaran. E-learning tidakselalu berjalan seperti yang direncanakan, akan banyak terjadi penolakansehingga sistem tersebut mengalami kegagalan. KegagalanE-Learningsebagian besar diakibatkan oleh kegagalan dalam analisa kebutuhanyang mengandung pengertian bahwa pengembang tidak berhasilmeng-captureapaneeds).sebenarnyakebutuhandaripengguna(userHasil dari proses analisis kebutuhan pengguna diterjemahkansebagai fitur-fitur yang sebaiknya masuk dalam sistem E-Learning yangdikembangkan.Pengembangan arsitektur e-Learning akan mengadopsi metode dariframework TOGAF 9.1 yang memiliki 4 domain arsitektur yakni BusinessArchitecture, Data Architecture, Technology Architecture, dan ApplicationArchitecture yang nantinya akan menghasilkan desain arsitektur e-Learningyang sesuai dengan keinginan mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro denganmenyebarkan angket kepada responden sebanyak 35 orang yang mengambilmata kuliah Mesin Listrik 1. Selanjutnya data akan dipresentasikan secarakuantitatif menurut kriteria yang telah ditetapkan dalam skala Likert.Berdasarkan 4 domain arsitektur tersebut, maka tergambar 3 indikatoryang akan digunakan dalam penelitian, yakni Aplikasi dan Data, Infrastruktur,dan Pelayanan dan Regulasi dalam menganalisis kebutuhan mahasiswaterhadap e-Learning. Hasil dari penelitian yang didapatkan pada indikatorAplikasi dan Data adalah Baik (3,67), pada indicator Infrastruktur adalahCukup (3,55), dan pada indikator Pelayanan dan Regulasi adalah Cukup (3,51).Dengan data tersebut, dapat menghasilkan desain arsitektur e-Learning yangsesuai dengan kebutuhan mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro. Desaintersebut menggambarkan seperti apa kebutuhan mahasiswa terhadap sisteme-Learning di tinjau dari indikator yang dibutuhkan dalam perancangan systeme-Learning beserta komponen pendukungnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis kebutuhan, Framework TOGAF (The Open Group Architecture Framework), Electronic learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:37 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7684 |