Lubis, Nurwahidah (2014) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk SMA Kelas XI. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NURWAHIDAH_LUBIS_54868_4874_2014.pdf [thumbnail of B1_3_NURWAHIDAH_LUBIS_54868_4874_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NURWAHIDAH_LUBIS_54868_4874_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Materi pembelajaran biologi berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, tidak hanya dengan penguasaan fakta-fakta namun juga suatu proses penemuan, maka perlu digunakan suatu media yang bisa membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan siswa untuk mempelajari materi biologi adalah Lembar Kerja Siswa (LKS). Materi sistem ekskresi merupakan materi yang membahas tentang sistem organ tubuh yang sangat berkaitan dengan peristiwa yang terjadi di alam sekitar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan LKS dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan menghasilkan LKS dengan pendekatan JAS pada materi sistem ekskresi manusia yang valid dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan tiga tahap dari four D models. Subjek penelitian ini adalah 3 orang dosen biologi dan 1 orang guru biologi SMA sebagai validator, 1 orang guru biologi dan 33 orang siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Rao untuk uji praktikalitas serta respons terhadap LKS dengan pendekatan JAS. Data penelitian berupa data primer yang dianalisis dengan analisis deskriptif berupa persentase. Penelitian ini menghasilkan produk berupa LKS dengan pendekatan JAS pada materi sistem ekskresi manusia untuk SMA kelas XI. LKS yang dihasilkan dikategorikan sangat valid dengan nilai 92,76%. LKS yang dihasilkan juga dikategorikan praktis dengan nilai 91,97% dari guru dan 84,61% dari siswa. Respons guru dan siswa terhadap LKS yang dikembangkan temasuk ke dalam kategori baik dengan nilai 92,86% dari guru dan 87,15% dari siswa. Hal ini menunjukkan bahwa LKS dengan pendekatan JAS pada materi sistem ekskresi manusia yang dikembangkan sudah valid dan praktis serta mendapat respons yang baik dari guru dan siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS, Jelajah Alam Sekitar, Biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:36 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7679 |