Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas III MIN Alahan Panjang Kec. Lembah Gumanti Kab. Solok

Hengki, Prisdonil (2011) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas III MIN Alahan Panjang Kec. Lembah Gumanti Kab. Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_PRISDONIL_HENGKI_51734_3653_2012.pdf] Text
B1_1_PRISDONIL_HENGKI_51734_3653_2012.pdf

Download (181kB)

Abstract

Pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, masih ditemui hambatan
diantaranya aktivitas siswa masih kurang, hasil belajar siswa belum mencapai
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan pembelajarannya sering didominasi oleh
guru (teacher centered). Menyadari hal demikian, penulis mengadakan penelitian
tindakan kelas dengan fokus masalah “Sejauhmana aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas III MIN Alahan Panjang meningkat dengan menggunakan pendekatan
inkuiri”
Subjek penelitian siswa kelas III dengan jumlah siswa 32 orang. Hipotesis
penelitian ini adalah pendekatan inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar IPA kelas III. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
aktivitas siswa dengan menggunakan pendekatan inkuiri pada pembelajaran IPA
di kelas III MIN Alahan Panjang. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan
cara observasi, pemotretan (foto), dan lembaran tes. Jenis penelitian ini berupa
penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan inkuiri. Penelitian
dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan.
Efektifitas tindakan diamati dengan lembaran observasi dan tes di akhir
setiap siklus. Pada akhir siklus I dan II aktivitas siswa mengalami peningkatan.
Sedangkan hasil tes diakhir siklus I dan II berturut-turut adalah 53 dan 91. Dari
uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan inkuiri
dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas III MIN Alahan Panjang, disebabkan karena pembelajaran dilaksanakan
sesuai dengan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, hasil belajar, pendekatan inkuiri
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:36
Last Modified: 24 Apr 2025 05:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7676

Actions (login required)

View Item
View Item