Fithry, Nurul Wahyi (2015) Peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an dalam Penanaman Nilai Moral Pada Anak Usia Sekolah Dasar: Studi pada TPQ Al-Furqan Kel. Lubuk Buaya Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NURUL_WAHYI_FITHRY_1101743_3880_2015.pdf [thumbnail of B1_3_NURUL_WAHYI_FITHRY_1101743_3880_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NURUL_WAHYI_FITHRY_1101743_3880_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman santri dalam memahami nilai moral dan mengaplikasikannya dalam kegiatan di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Furqan. Tujuan penelitian mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan penanaman nilai moral, peran guru dalam menanamkan nilai moral dan faktor penghambat dalam menanamkan nilai moral kepada santri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Furqan. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu kepala TPQ, guru, santri, orang tua santri dan tokoh masyarakat. Jenis data adalah data primer dan data sekunder, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik menguji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan penanaman nilai moral dilihat dari kegiatannya yaitu belajar mengajar, praktik ibadah, didikan subuh dan TPSA. 2) Peran guru dalam menanamkan nilai moral di TPQ yaitu peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai pembentuk kepribadian dan peran guru sebagai figur teladan. 3) Faktor penghambat dalam menanamkan nilai moral yaitu a) Faktor internal perhatian dan minat santri b) Faktor eksternal teman sebaya dan media massa. Kesimpulan penelitian ini 1) Pelaksanaan penanaman nilai moral masih kurang maksimal, perlu kepedulian santri dalam menerima bimbingan guru. 2) Peran guru dalam menanamkan nilai moral cukup bagus, santri perlu mendengarkan guru, mengikuti bimbingan guru. 3) Faktor penghambat dalam menanamkan nilai moral yaitu a). faktor internal perlu adanya perhatian santri dan minat santri dalam belajar b) faktor eksternal yaitu teman sebaya dan media massa. Saran dalam penelitian ini 1). Guru lebih meningkatkan perannya dalam membimbing santri menanamkan nilai moral 2). Santri lebih memahami yang disampaikan guru mengenai nilai moral 3). TPQ agar dapat memfasilitasi setiap kegiatan di TPQ.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TPQ, Nilai Moral, Anak Usia Sekolah Dasar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:35 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 01:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7662 |