Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Co-Op Co-Op terhadap Hasil Belajar Siswa Pada MataPelajaran TI&K Di Kelas X SMAN 1 X Koto

Rahmat, Nurul (2013) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Co-Op Co-Op terhadap Hasil Belajar Siswa Pada MataPelajaran TI&K Di Kelas X SMAN 1 X Koto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NURUL_RAHMAT_88350_88350_3237_2013.pdf] Text
B1_3_NURUL_RAHMAT_88350_88350_3237_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang penulis lakukan pada proses pembelajaran TI&K di kelas X SMAN 1 X Koto ditemukan bahwa pembelajaran TI&K masih berorientasi pada guru tidak pada siswa. Guru hanya menggunakan metode ceramah dalam mengajarkan pelajaran di kelas tanpa menggunakan media dan alat bantu. Ini menyebabkan siswa kurang aktif, hasil belajar rendah, siswa mengobrol dengan teman sebangkunya dan mengerjakan hal-hal lain yang tidak ada hubungan dengan materi yang diajarkan. Melihat gejala tersebut maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah penggunaan model Cooperative Learning tipe Co-Op CoOp memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di kelas X SMAN 1 X Koto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan quasy eksperimen, untuk melihat pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 X Koto yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Teknik penentuan sampel adalah purposive sampling yaitu kelas X sebagai kelas eksperimen dan X sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, dan alat pengumpul data yaitu lembaran tes. Analisis data menggunakan t-test setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data tersebut. 3 Dari hasil analisis data terlihat bahwa kelas yang menggunakan model Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op memiliki rata-rata nilai 85.2 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 76.6. Dari perhitungan t-tes diperoleh t hitung 2.8274 sedangkan t 2.021 dengan kata lain t hitung lebih besar dari t (2.8274 > 2.021).maka dapat di simpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K kelas X SMAN 1 X Koto.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Co-Op Co-Op, Hasil Belajar, TIK
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:34
Last Modified: 24 Apr 2025 05:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7656

Actions (login required)

View Item
View Item