Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang

Radyuli, Popi (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_POPI_RADYULI_1203733_2105_2015.pdf] Text
B1_1_POPI_RADYULI_1203733_2105_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada mata pelajaran PKN siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang hasil
belajar masih ada dibawah KKM. Rendanya hasil belajar siswa disebabkan oleh
beberapa faktor diantaranya gaya belajar siswa yang kurang baik dalam belajar
dan model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan hasil belajar PKN yang diajarkan
dengan model Jigsaw lebih tinggi dari pada hasil belajar PKN yang diajar dengan
model konvensional, (2) perbedaan hasil belajar PKN siswa yang mempunyai
gaya belajar auditorial diajar dengan model Jigsaw lebih tinggi dari pada hasil
belajar siswa yang mempunyai gaya belajar auditorial yang diajarkan dengan
model konvensioanal, (3) perbedaan hasil belajar PKN siswa yang mempunyai
gaya belajar visual diajar dengan model Jigsaw lebih tinggi dari pada hasil belajar
siswa yang mempunyai gaya belajar visual diajar dengan model konvensional , (4)
perbedaan hasil belajar PKN siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik
diajar dengan model Jigsaw lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang
mempunyai gaya belajar kinestetik diajar dengan model konvensional, (5)
Interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar.
Jenis penelitian adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini
seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang tahun pelajaran 2014/2015.
Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Terpilih kelas
VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Analisis
data dilakukan melalui tes hasil belajar dan angket gaya belajar yang dianalisis
dengan uji-t dan Anova.
Hasil penelitian mengungkapkan (1) Hasil belajar PKN yang
menggunakan model Jigsaw lebih tinggi dari pada hasil belajar yang diajar
dengan model konvensional. (2) Hasil belajar PKN siswa yang memiliki gaya
belajar auditorial yang diajar dengan menggunakan model Jigsaw lebih tinggi
dari hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar auditorial diajar dengan model
konvensional. (3) Hasil belajar PKN siswa yang memiliki gaya belajar visual
yang diajar dengan model Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar PKN siswa yang
memiliki gaya belajar visual yang diajar dengan model konvensional. (4) Hasil
belajar PKN siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik yang diajar dengan
model Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar PKN siswa yang memiliki gaya
belajar kinestetik yang diajar dengan model konvensional, (5) Tidak terdapat
interaksi antara model Jigsaw dengan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran PKN, artinya model Jigsaw diterima untuk semua kalangan
siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:34
Last Modified: 24 Apr 2025 05:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7651

Actions (login required)

View Item
View Item