Persepsi Guru tentang Penilaian Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 31 Padang

Rahmita, Siti (2015) Persepsi Guru tentang Penilaian Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SITI_RAHMITA_1100341_4517_2015.pdf] Text
B1_3_SITI_RAHMITA_1100341_4517_2015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena sekolah sudah menerapkan penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Negeri 31 Padang, guru-guru masih mengalami kesulitan dalam melaksanakan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi guru tentang kesiapan guru dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013, (2) persepsi guru tentang pelaksanaan penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013, dan (3) persepsi guru tentang pelaporan hasil penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas VII dan VIII di SMP Negeri 31 Padang. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah teknik Total Sampling dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan pada umumnya guru menjawab setuju dan sangat setuju bahwa guru sudah siap untuk melaksanakan penilaian pembelajaran dan kebanyakan guru menyetujui tentang pelaksanaan penilaian pembelajaran serta pelaporan hasil penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 walaupun masih ada beberapa guru yang kurang setuju dan tidak setuju. Persepsi guru terhadap kesiapan dalam pelaksanaan penilaian dan pelaporan hasil penilaian tidak berbeda secara signifikan berdasarkan usia, masa kerja, dan golongan. Sedangkan persepsi guru terhadap pelaksanaan penilaian berdasarkan usia guru berbeda secara signifikan, tetapi tidak berbeda secara signifikan berdasarkan masa kerja dan golongan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pembelajaran, Penilaian, Kurikulum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:33
Last Modified: 24 Apr 2025 05:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7647

Actions (login required)

View Item
View Item