The Effect of Using Know Want Learned (KWL’s Technique) Toward Students’ Reading Comprehension of Hortatory Exposition Text at SMAN 1 Batipuh

Husna, Nurul (2012) The Effect of Using Know Want Learned (KWL’s Technique) Toward Students’ Reading Comprehension of Hortatory Exposition Text at SMAN 1 Batipuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NURUL_HUSNA_01576_4789_2012.pdf] Text
B1_3_NURUL_HUSNA_01576_4789_2012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan siswa SMAN 1 Batipuh dalam membaca dan memahami teks masih rendah. Hal ini disebabkan karena belum tepatnya metode dan teknik mengajar yang digunakan guru. Oleh karena itu, penerapan metode dan teknik yang bagus dan menarik sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba menggunakan sebuah teknik yaitu Know-Want-Learned (KWL) pada kegiatan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak terhadap penggunaan teknik ini dalam fase kegiatan sebelum dan sedang membaca terhadap pemahaman membaca siswa. Hasil Penelitian ini mengemukakan hipotesis yang menyatakan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan teknik KWL dalam kegiatan sebelum dan sedang membaca memiliki pemahaman membaca lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan teknik biasa (teknik biasa yang digunakan guru). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Batipuh tahun pelajaran 2011-2012 yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian ini terdiri dua kelas yaitu XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik cluster sampling. Masing-masing kelas memiliki jumlah siswa 33 dan 29 orang. Instrument yang digunakan adalah Reading Comprehension Test. Tes dilakukan sebanyak dua kali; pretest dan posttest. Tes tersebut terdiri dari empat puluh butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Data berupa nilai reading test oleh kedua kelompok sampel di analisis secara statistik dengan menggunakan rumus t-test, dan ditemukan bahwa t-hitung sebesar 4,42, sedangkan t-tabel sebesar 2,00, yang berarti t-hitung > t-tabel. pada taraf signifikasi 0,05. Berdasarkan hasil hitungan ini, disimpulkan bahwa penggunaan teknik KWL dalam pembelajaran dapat memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pemahaman siswa dalam membaca.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Know Want Learned (KWL’s Technique), Exposition Text, Reading
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:33
Last Modified: 24 Apr 2025 05:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7645

Actions (login required)

View Item
View Item