Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Electronics Workbench (EWB) simulator Pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik Di SMK Negeri 1 Padang

Hs, Siti Novita Arda (2016) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Electronics Workbench (EWB) simulator Pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik Di SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SITI_NOVITA_ARDA_HS_1102013_1223_2016.pdf] Text
B1_3_SITI_NOVITA_ARDA_HS_1102013_1223_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas X TDTL di SMK Negeri 1 Padang pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL). Berbagai faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik, diantaranya yaitu masih sedikit guru yang menggunakan media pembelajaran yang tepat pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik. peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dengan melakukan penelitian menggunakan media Electronics Workbench simulator pada mata pelajaran menganalisis rangkaian listrik di SMK Negeri 1 Padang. Media pembelajaran menggunakan Electronics Workbench simulator merupakan pembelajaran yang dapat membantu peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran karena peserta didik mencoba untuk membuat rangkaian serta menghitung nilai tegangan ataupun arus yang terdapat pada rangkaian tersebut secara individu serta peserta didik mampu mengetahui lebih banyak simbol kelistrikan karena simbol yang terdapat pada EWB sama dengan simbol kelistrikan yang sebenarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan media Electronics Workbench (EWB) simulator pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik di SMK Negeri 1 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pra-experiment dengan desain One Group pretest and posttest. Subjek penelitian ini adalah speserta didik X TITL A SMK Negeri 1 Padang, yang terdaftar pada tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri 30 orang peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar pretest dan posttest yang dilakukan dalam satu kompetensi dasar. Kompetensi dasar yang dijadikan materi penelitian adalah menganalisa rangkaian arus bolak balik. Pretest diadakan pada awal pertemuan sebelum subjek penelitian diberikan perlakuan menggunakan media Electronics Workbench (EWB) simulator dan posttest diadakan setelah subjek penelitian selesai diberikan perlakuan diakhir pertemuan dalam satu KD dengan soal objektif sebanyak 20 butir soal. Peningkatan hasil belajar dihitung dengan menggunakan rumus gain score dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh oleh peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata nilai pretest adalah 63 dan rata-rata posttest adalah 84. Nilai gain score yang diperoleh adalah 0,557 hal ini menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media Electronics Workbench simulator pada gain skor dikategori gain sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan media Electronics Workbench (EWB) simulator pada mata pelajaran menganalisis rangkaian listrik dikelas X TITL A SMK Negeri 1 Padang dengan menggunakan media Electronics Workbench (EWB) simulator .

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media, electronics workbench (ewb) simulator.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:32
Last Modified: 24 Apr 2025 05:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7641

Actions (login required)

View Item
View Item