Pratama, Alan Surya (2016) Pengembangan Trainer Motor Listrik 1 Fasa Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Memperbaiki Motor di SMK Negeri 1 Batipuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_ALAN_SURYA_PRATAMA_1106717_1447_2016.pdf [thumbnail of B1_03_ALAN_SURYA_PRATAMA_1106717_1447_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_ALAN_SURYA_PRATAMA_1106717_1447_2016.pdf
Download (7MB)
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu unsur pendukung prosespembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pada penelitian inidikembangkan media trainer motor induksi satu fasa jenis kapasitor running padamata pelajaran memperbaiki motor. Tujuan dari penelitian ini adalah; (1)menghasilkan trainer motor induksi satu fasa jenis kapasitor running yang valid,praktis, dan efektif; (2) menghasilkan jobsheet untuk media trainer motor induksi satufasa jenis kapasitor running.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian danpengembangan R&D (Research & Development). Tahap pengembangan produkmeliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4)validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba terbatas, (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produk final. Metode yang digunakan dalampengumpulan data meliputi (1) angket penelitian (2) pengujian dan pengamatan.Adapun uji validitas media pembelajaran menggunakan lembar validasi produk yangdiberikan kepada 4 validator yang terdiri dari 2 dosen Teknik Elektro sebagaivalidator media, 1 dosen Teknik Elektro dan Guru mata pelajaran sebagai validatormateri serta uji coba pemakaian dilakukan oleh 24 siswa. Efektivitas media trainerdilihat dari penguasaan materi oleh siswa setelah dilakukanya pembelajaranmenggunakan media trainer.Hasil validasi media oleh validator memperoleh tingkat validitas tinggidengan persentase 82,65% valid. Sedangkan skor validasi materi oleh validatormemperoleh tingkat validitas dengan persentase 93,35% dengan kategori sangatvalid. Kemudian, hasil kepraktisan oleh guru mata pelajaran memperoleh persentasesebesar 81% dengan kategori praktis. Hasil kepraktisan siswa dengan persentase 85%berada dalam kategori praktis. Melalui penerapan media pada proses pembelajarandiketahui bahwa 87,5% siswa memperoleh hasil belajar ≥70. Berdasarkanpenguasaan materi siswa tersebut maka media dinyatakan efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Trainer motor listrik, Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:31 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 01:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7637 |