Hastuti, Sri (2016) Meningkatkan Kemampuan Berwudu Melalui Video bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas D II.C SLBN Lima Kaum Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_SRI_HASTUTI_1309555_4284_2016.pdf [thumbnail of B1_2_SRI_HASTUTI_1309555_4284_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_SRI_HASTUTI_1309555_4284_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ada dilapangan’ terdapat tiga orang siswa tunagarahita dengan inisial FR, FI, dan F mengalami kesulitan berwudu secara berurutan di kelas D II.C di SLBN Lima Kaum. Masalah ini sudah lama dilihat dari hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan pada bulan Oktober semester pertama tahun 2015, dengan tidak mencapai keriteria ketuntasan minimal. Guru kurang dalam media pembelajaran, dan metode kurang tepat sasaran. Mereka perlu bimbingan dan latihan untuk menyempurnakan wudu. Penelitian ini bertujuan meningkatkan tata cara berwudu melalui video. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Clasroom Action Research ). Data mengenai pemahaman siswaterhadap berwudu diperoleh melalui observasi, wawancara, tes lisan, dan tes perbuatan. Subjek penelitian tiga orang siswa di kelas D II.C SLBN Lima Kaum Batusangkar. Peneliti melakukan kolaborasi dengan guru kelas V.B. Proses penelitian dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdiri dari empat kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan, dengan materi sama agar anak dapat memperbaiki kesalahan atau kelemahan sebelumnya. Pada tes awal kemampuan siswa dibawah 65% , yaitu siswa FR 57%, siswa FI 59% dan siswa F 63%. Pada siklus I kemampuan siswa dalam berwudu adalah sebagai berikut: siswa FR 79%, FI 87%, dan siswa F 91%. Kemampuan siswa pada siklus I mulai meningkat, tetapi masih ada dalam praktik berwudu yang tidak berurutan melakukannya. Berwudu wajib tertib atau berurut sesuai rukun serta tata cara berwudu. Pada siklus II siswa sudah bisa secara berurut melakukan wudu dengan hasilnya meningkat yaitu FR 91%, FI 93%, dan F 97%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan video dapat meningkatkan kemampuan berwudu anak tunagrahita ringan di kelas D II.C SLBN Lima Kaum Batusangkar. Disarankan kepada guru untuk menggunakan video dalam mencarikan solusi dari permasalahan lain untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dihadapi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berwudu, Anak Tunagrahita Ringan, Video Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:30 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7627 |