Ranti, Husni (2018) Gambaran Kinerja Pendidik pada Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Belajar (BKB) Nurul Fikri Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_HUSNI_RANTI_1300296_440_2018.pdf [thumbnail of B1_04_HUSNI_RANTI_1300296_440_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_HUSNI_RANTI_1300296_440_2018.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagusnya lembaga BKB Nurul Fikri
Kota Padang, hal tersebut terlihat dari banyaknya peserta didik yang mengikuti
bimbingan belajar di lembaga BKB Nurul Fikri Kota Padang lulus di Perguruan
Tinggi Negeri (PTN). Diduga karena kinerja pendidik yang baik dalam proses
pembelajaran di lembaga BKB Nurul Fikri Kota Padang. Penelitian ini bertujuan
untuk (1) menggambarkan kinerja pendidik ditinjau dari kualitas pembelajaran,
(2) menggambarkan kinerja pendidik ditinjau dari kesesuaian tingkatan
pembelajaran dengan tingkat perkembangan peserta didik, (3) menggambarkan
kinerja pendidik ditinjau dari aspek insentif, dan (4) menggambarkan kinerja
pendidik ditinjau dari aspek disiplin waktu.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah peserta didik tingkat SMA kelas X, IX IPA, dan IX IPS yang
masih aktif di lembaga BKB Nurul Fikri Kota Padang yang berjumlah 119 orang.
Sampel diambil sebanyak 40%. Jumlah sampel adalah 46 orang. Teknik
pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah angket, sedangkan alat pengumpulan
data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data penelitian adalah analisis
deskriptif.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) kinerja pendidik ditinjau dari
kualitas pembelajaran dikategorikan sangat baik, (2) kinerja pendidik ditinjau dari
kesesuaian tingkatan pembelajaran dengan tingkatan perkembangan peserta didik
dikategorikan sangat baik, (3) kinerja pendidik ditinjau dari aspek insentif
dikategorikan sangat baik, dan (4) kinerja pendidik ditinjau dari aspek disiplin
waktu dikategorikan sangat baik. Untuk itu penulis menyampaikan beberapa
saran: (1) bagi pengelola diharapkan untuk dapat mempertahankan fasilitas yang
ada di lembaga BKB Nurul Fikri Kota Padang, (2) bagi pendidik lembaga BKB
Nurul Fikri Kota Padang diharapkan untuk dapat mempertahankan kinerja
pendidik dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kinerja pendidik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | VANYA VANYA |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:30 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7621 |