Pengaruh Penggunaan Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII di SMP N 15 Padang

Aisyah, Siti (2020) Pengaruh Penggunaan Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII di SMP N 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SITI_AISYAH_15004035_333_2020.pdf] Text
B1_3_SITI_AISYAH_15004035_333_2020.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran TIK di SMP N 15 Padang. Berdasarkan observasi di lapangan, kesulitan utama dalam mempelajari TIK, sebagian besar peserta didik berpendapat bahwa kesulitan utamanya adalah pada saat mengoperasikan komputer siswa masih banyak yang kurang terampil menggunakan komputer karena istilah pada komputer banyak menggunakan bahasa asing, minimnya penggunaan media pembelajaran juga membuat peserta didik menjadi kurang antusias dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Edmodo terhadap hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII di SMP N 15 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 15 Padang pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purpose sampling, yaitu VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol, dengan jumlah siswa masing-masing kelas berjumlah 32 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif sebanyak 40 butir soal, dan alat pengumpulan data berupa lembaran soal tes. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan statistik uji t, dengan taraf signifikan α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa yang belajar menggunakan media Edmodo yaitu 81,01 sedangkan nilai rata-rata siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 73,20. Berdasrkan perhitungan uji hipotesis dengan memakai uji t (t-test) diperoleh t = 3,146 sedangkan t pada taraf signifikan α=0,05 adalah 2,000. Jika dibandingkan, maka t tabel hitung lebih besar daripada t yaitu 3,146 > 2,000. Dengan demikian penggunaan media Edmodo berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK Kelas VIII SMP N 15 Padang. tabel hitung

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media Edmodo, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:30
Last Modified: 24 Apr 2025 05:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7619

Actions (login required)

View Item
View Item