Sari, Intan Permata (2018) Keterampilan Bertanya Guru dalam Pembelajaran PPKn di SMP N 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_INTAN_PERMATA_SARI_14052058_3664_2018.pdf [thumbnail of B1_03_INTAN_PERMATA_SARI_14052058_3664_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_INTAN_PERMATA_SARI_14052058_3664_2018.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang implementasi, kendala-kendala dan upaya-upaya yang dilakukan dalam keterampilan bertanya guru dalam pembelajaran PPKn di SMP N 12 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dari penelitian ini 12 orang yang dipilih dengan purposive sampling yang berada di SMP N 12 Padang. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk memastikan validitas data digunakan trianggulasi teknik selanjutnya data dianalisis mengacu kepada tahapan analisis data Miles dan Huberman dengan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi keterampilan bertanya yang ada di SMP N 12 Padang, yang mencakup keterampilan bertanya dasar dan keterampilan bertanya lanjutan. Belum terlaksana dengan baik. Kemampuan guru dalam pemberian pertanyaan masih berada pada tingkat keterampilan bertanya dasar. Hal ini juga dikarenakan adanya kendala-kendala yaitu guru kurang menguasai kopetensi pedagogik dan suara guru saat mengajar. Dari adanya kendala tersebut maka upaya yang dilakukan oleh guru yaitu lebih memperdalam tentang keterampilan bertanya. Membaca dan mempelajari terlebih dahulu tentang komponen-komponen dan hal-hal yang berkaitan dengan keterampilan bertanya, adapun upaya yang diberikan oleh kepala sekolah yaitu dengan mengikutsertakan guru dalam program MGMP (musyawarah guru mata pelajaran), mengadakan Loka Karya, mengikuti pelatihan atau penataran dan memperhatikan lebih dalam apa-apa saja kendala yang dihadapi guru dan mencarikan solusi dari kendala yang ada. Dengan demikian dapat disimpulkan rendahnya keterampilan bertanya guru dapat mengkibatkan kurang berkembangnya pola fikir siswa sehingga berdampak pada kualitas lulusan sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi, keterampilan, bertanya. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:29 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7612 |