Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Terhadap Minat Mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG-SM3T) Dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program PPG-SM3T Universitas Negeri Padang Tahun 2016)

Zuhri, Al Hafiizh (2016) Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Terhadap Minat Mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG-SM3T) Dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program PPG-SM3T Universitas Negeri Padang Tahun 2016). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_AL_HAFIIZH_ZUHRI_1202661_5925_2016.pdf] Text
B1_03_AL_HAFIIZH_ZUHRI_1202661_5925_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh praktik pengalamanlapangan kependidikan (PPLK) terhadap minat mengikuti program pendidikanprofesi guru (PPG-SM3T), (2) Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) memperkuatpengaruh praktik pengalaman lapangan kependidikan terhadap minat mengikutiprogram pendidikan profesi guru (PPG-SM3T).Jenis Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif asosiatif.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program pendidikan profesi guru(PPG-SM3T) Universitas Negeri Padang Tahun 2016. Sampel yang digunakansebanyak 116 orang dengan menggunakan teknik proportional random sampling.Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer. Data yang telah terkumpul tersebutlalu dianalisis secara statisitik dengan analisis regresi bertingkat denganmenggunakan program SPSS versi 16.0. Uji hipotesis dalam penelitian ini dilakukandengan menggunakan uji F dan uji T.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Praktik pengalaman lapangankependidikan (PPLK) berpengaruh signifikan terhadap minat mengikuti programpendidikan profesi guru (PPG-SM3T) dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, (2)Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tidak memperkuat pengaruh praktik pengalamanlapangan kependidikan terhadap minat mengikuti program pendidikan profesi guru(PPG-SM3T) dengan nilai signifikansi 0.885 > 0.05.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka disarankan kepadapihak Universitas Negeri Padang untuk melakukan peningkatan pengelolaan kegiatanPPLK. Serta meninjau ulang IPK sebagai syarat dalam mengikuti PPG-SM3T.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Pendidikan Profesi Guru (PPG-SM3T), Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK), Dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:29
Last Modified: 24 Apr 2025 05:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7611

Actions (login required)

View Item
View Item