The Analysis of Students’ Needs On Functional Grammar Material At English Language Teaching Study Program In The State University Of Padang

Masido, Nurprima (2012) The Analysis of Students’ Needs On Functional Grammar Material At English Language Teaching Study Program In The State University Of Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NURPRIMA_ SELLYDWIANA_ MASIDO_83631_2228_2012.pdf] Text
B1_3_NURPRIMA_ SELLYDWIANA_ MASIDO_83631_2228_2012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan adanya perubahan pada kurikulum yang digunakan Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris yang menyebabkan digantinya mata kuliah Structure 4 dengan Functional Grammar. Setelah 1 semester di implementasikan, pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah Functional Grammar ternyata masih rendah. Rendahnya nilai mahasiswa tersebut mungkin saja diebabkan oleh tidak terpenuhinya kebutuhan mahasiswa dalam mempelajari Functional Grammar. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah apa saja kebutuhan mahasiswa terhadap materi ajar Functional Grammar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan mahasiswa dalam pelajran Functional Grammar serta mengetahui persamaan dan perbedaan persepsi mahasiswa dan dosen terhadap kebutuhan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket. Data dari penelitian ini berupa skor rata-rata yang diambil dari angket yang dirubah kedalam bentuk persentase dan juga kedalam bentuk skala Likert. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris yang sedang mengambil mata kuliah Functional Grammar dan juga dosen-dosen mata kuliah Functional Grammar. Hasil penelitian ini menunjukkan mata kuliah Functional Grammar merupakan mata kuiah yang sulit bagi mahasiswa. Selain itu ditemukan juga bahwa mahasiswa dan dosen merasa membutuhkan tambahan materi ajar. Dari segi input, content, maupun task dibutuhkan lebih banyak penjelasan, Kemudian, dari penelitian tersebut juga ditemukan bahwa ada kesamaan dan perbedaan pendapat mahasiswa dan dosen mengenai tingkat kesulitan dan pentingnya input, content dan task oleh mahasiswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pemahaman masisiwa terhadap Functional Grammar dapat ditingkatkan dengan mengetahui kebutuhan mahasiswa tersebut dan memenuhi kebutuhannya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Functional Grammar, Curriculum, Teaching Study
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:29
Last Modified: 24 Apr 2025 05:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7610

Actions (login required)

View Item
View Item