Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas VII.1 Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Tapan

Nurnas, Nurnas (2015) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas VII.1 Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Tapan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NURNAS_57234_1752_2015.pdf] Text
B1_3_NURNAS_57234_1752_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena di sekolah bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) belum dilaksanakan dengan melibatkan siswa secara aktif. Hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Untuk itu, dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.1 MTsN Tapan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial?”. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada siswa kelas VII.1 MTsN Tapan pada semester I Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu kali ujian setiap akhir siklus. Untuk satu siklus terdiri dari langkah-langkah antara lain perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VII.1 MTsN Tapan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Peningkatan aktivitas siswa dalam kerjasama tim dalam mencari jawaban yang benar 100%, aktivitas keikutsertaan siswa dalam berdiskusi dengan kelompoknya dan membuat kesimpulan 90,6%, pada aktivitas keberanian siswa tampil mandiri dalam menjawab pertanyaan 87,5%, siswa mampu mengemukakan pendapat 84,4%, pehamaman siswa terhadap materi 93,8%, serta siswa yang membuat kesimpulan 90,6%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I adalah 56,3% dan siklus II siswa yang tuntas mencapai 90,6%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPS, Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:29
Last Modified: 24 Apr 2025 05:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7606

Actions (login required)

View Item
View Item