Yanti, Adri (2021) Pengembangan Pembelajaran Kewirausahaan Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Bakti 100 Ceria Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_ADRI_YANTI_1733003_8581_2023.pdf
Download (413kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kurang optimalnya pembelajaran kewirausahaan. Pembelajaran kewirausahaan dalam perencanaan belum terintegrasi dengan tema dan belum efektifitasnya praktikalitas pembelajaran kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengambarkanpembelajaran kewirausahaan bagi anak usia dini dan melakukan uji praktikalitas,efektivitas model pembelajaran kewirausahaan bagi anak usia dini untuk menghasilkan modul pembelajaran kewirausaan anak usia 5-6 tahun bisa dikembangkan di Raudhatul Athfal Bakti 100 Ceria.Jenis penelitian ini kuantitatif yang di gunakan dalam penelitian ini adalah model Research and Development.Adapun model pengembangan yang digunakanadalah model 4-D. Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D(four-D).Prosedur pengembangan terdiri dari difine, desain, development and dissemination. Teknik pengumpulan data lembar angket validasi, instrument kepraktisan dan instrument keefektifan. Teknik analisis data terdiri dari analisisdata validasi pembelajaran, analisis praktikalitas pembelajaran kewirausahaan dananalisis efektifitas pembelajaran.Hasil penelitian mengambarkan bahwa dihasilkan modul pembelajaran kewirausahaan pada tema kebutuhanku untuk siswa Raudhatul Athfal Bakti 100Ceria atas RPPH, dan Modul, dengan kategori sangat valid, hasil pengamatan keterlaksanaan RPPH dengan persentase 94,25% berada pada kategori valid. Respon siswa terhadap praktikalitas pembelajaran kewirausahaan dengan persentase dengan 90,25% berada pada kategori sangat sesuai. Respon guru terhadap Pratikalitas Modul Pembelajaran Kewirausahaan dengan persentase90,25% berada pada kategori sangat sesuai. Efektifitas penggunaan modul pembelajaran kewirausahaan pada materi kebutuhanku diketahui melalui aktifitas siswa dan hasil belajar. Uji efektifitas, aktifitas siswa dengan rata-rata 76,38 berada pada kategori tinggi dan hasil belajar siswa berkembang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Modul Pembelajaran Kewirausahaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 03:49 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 07:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/76 |