Yani, Magrida (2022) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa D4 Tata Rias dan Kecantikan UNP Selama Pandemi Covid. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MAGRIDA_YANI_17078073_956_2022.pdf [thumbnail of B1_2_MAGRIDA_YANI_17078073_956_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_2_MAGRIDA_YANI_17078073_956_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya dampak virus covid-19 yang
menyebabkan proses pembelajaran tatap muka di Universitas Negeri Padang tidak 
dapat dilakukan sehingga menyebabkan motivasi belajar mahasiswa menjadi 
berkurang. Berdasarkan hasil wawancara dengan dosen Jurusan Tata Rias dan 
Kecantikan UNP motivasi belajar mahasiswa tata rias dan kecantikan pada saat 
melakukan pembelajaran daring menjadi berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk 
a) mendeskripsikan pembelajaran daring di jurusan tata rias dan kecantikan UNP. 
b) mendeskripsikan motivasi belajar mahasiswa Tata Rias dan Kecantikan dilihat 
dari dalam (Motivasi Instrinsik). c) mendeskripsikan motivasi belajar mahasiswa 
Tata Rias dan Kecantikan dilihat dari luar (Motivasi Ekstrinsik).
Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di 
Jurusan Tata Rias dan Kecantikan UNP. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Tata Rias dan Kecantikan UNP angkatan 2019. Teknik pengambilan 
sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling, serta pengambilan 
sampel apabila jumlah responden lebih dari 100, maka di ambil 10-15% atau 20-
25% dari jumlah populasinya. Dalam penelitian ini sampel di ambil 20% dari 
populasi yaitu sebanyak 23 responden. Pengambilan data penelitian ini dilakukan 
dengan menggunakan penyebaran angket dalam bentuk skala likert yang telah 
dilakukan uji validitas dan reabilitas sebelumnya dan dokumentasi. Teknik analisis 
data dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, 
uji homoskedastisitas, uji hipotesis yang terdiri dari uji t, dan uji R
2
.
Hasil penelitian dari pembelajaran daring di jurusan tata rias dan kecantikan 
selama pandemi covid digolongkan pada kategori sedang dengan persentase 
52.17%. motivasi instrinsik di jurusan Tata Rias dan Kecantikan digolongkan pada 
kategori rendah dengan persentase 56,52%. motivasi ekstrinsik di jurusan Tata Rias 
dan Kecantikan digolongkan pada kategori rendah dengan persentase 78,26%. 
Nilai untuk pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar sebesar 0,006 
dengan kategori berpengaruh secara signifikan. Nilai uji koefisien determinasi 
diperoleh sebesar 31% dimana pembelajaran daring berpengaruh secara simultan
terhadap motivasi belajar. Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar 
mengembangkan hal serupa pada pembelajaran daring agar dapat memunculkan 
motivasi belajar mahasiswa dalam kondisi apapun.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN DARING, MOTIVASI BELAJAR | 
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan-D4 | 
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP | 
| Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:28 | 
| Last Modified: | 24 Apr 2025 05:28 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7594 | 
 
         