Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik Menggunakan Metode Two Stay Two Stray di SMKN 1 Bukittinggi.

Dewi, Siska Restia (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik Menggunakan Metode Two Stay Two Stray di SMKN 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SISKA_RESTIA_DEWI_13719_330_2014.pdf] Text
B1_3_SISKA_RESTIA_DEWI_13719_330_2014.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik menggunakan metode Two Stay Two Stray di SMKN 1 Bukittinggi. Beberapa masalah yang diidentifikasi mempengaruhi hasil belajar diantaranya proses pembelajaran yang monoton dan berpusat pada guru membuat siswa bosan, mengantuk, dan tidak tertarik belajar karena kurangnya keaktifan dan aktifitas menarik dalam belajar. Siswa kurang mendapat kesempatan yang proporsional dalam mengemukakan ide- ide dan mencerna bahasan dari topik yang disajikan. Sehingga sebagian siswa beranggapan bahwa pelajaran yang memuat pelajaran teori merupakan pelajaran yang kurang menarik. Hal ini berakibat pada rendahnya keinginan siswa dalam belajar yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain pretest-postest one group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 2 SMKN 1 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 34 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar pretest dan postest berupa soal objektif sebanyak 25 item. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Gain Score. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata nilai pretest sebelum menggunakan metode Two Stay Two Stray sebesar 57,44 dan rata-rata nilai posttest setelah menggunakan metode Two Stay Two Stray adalah 78,97. Dari perhitungan Gain Score terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan kategori rata-rata sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TITL SMKN 1 Bukittinggi pada mata diklat Menganalisis Rangkaian Listrik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Rangkaian Listrik, Metode Two Stay Two Stray
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:28
Last Modified: 24 Apr 2025 05:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7593

Actions (login required)

View Item
View Item