Handayani, Sri (2013) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Active Learnig Tipe Turnamen Belajar pada Mata Pelajaran IPS Materi Sejarah di Kelas VIII-5 SMPN 2 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_SRI_HANDAYANI_89196_1897_2013.pdf [thumbnail of B1_2_SRI_HANDAYANI_89196_1897_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_SRI_HANDAYANI_89196_1897_2013.pdf
Download (882kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran sejarah di kelas VIII-5 SMPN N2 Lubuk Alung, yang ditandai dengan rendahnya aktivitas membaca, mencatat, bertanya, menjawab, dan mendengar, Guna mengatasi masalah di atas, perlu usaha dari guru antara lain menggunakan model pembelajaran yang dapat memotivasi mereka untuk aktif dalam proses pembelajaran salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan adalah model pembelajaran active learnig tipe turnamen belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Satu siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 kegiatan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas belajar siswa pembelajaran IPS. Sedangkan alat pengumpul data berupa ceklis. Subjek penelitian adalah kelas VIII−5 SMPN SMPN N2 Lubuk Alung tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 21 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan instrumen aktivitas belajar siswa yang diamati. Peningkatan tersebut adalah untuk indikator membaca bahan ajar mengalami kenaikan sebesar 25%, indikator mencatat penjelasan dari guru mengalami kenaikan sebesar 15%, indikator mencatat penjelasan teman mengalami kenaikan sebesar 10%, indikator Bertanya pada guru sebesar 26%, indikator bertanya pada teman mengalami kenaikan sebesar 26%, indikator menjawab pertanyaan guru mengalami kenaikan sebesar 26%, indikator menjawab pertanyaan teman mengalami kenaikan sebesar 21%, indikator mendengar penjelasan guru mengalami kenaikan sebesar 15%, indikator mendengar penjelasan teman mengalami kenaikan sebesar 15%. Pada penelitian ini setiap pertemuan mengalami peningkatan, tetapi pada siklus I beberapa indikator masih dalam kategori Cukup. Untuk memaksimalkan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran turnamen belajar penulis melakukan refleksi. Refleksi yang penulis lakukan setelah selesai siklus I yaitu memberikan Reinforcement kepada siswa dalam pembelajaran dan menugaskan siswa untuk mencari sumber belajar lain dan guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar IPS materi sejarah siswa SMP N2 Lubuk Alung dengan menggunankan model pembelajaran active learning.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar Siswa, Tipe Turnamen Belajar, Mata Pelajaran Sejarah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:27 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7592 |