Riza, Diana (2010) Teaching Writing of Analytical Exposition Text through the Argument Mapping. Bachelor/Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
![B1_DIANA_RIZA_72696_1685_2011.pdf [thumbnail of B1_DIANA_RIZA_72696_1685_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_DIANA_RIZA_72696_1685_2011.pdf
Download (618kB)
Abstract
Makalah ini ditujukan untuk pengajaran teks analytical exposition melalui argument mapping sebagai teknik dalam kegiatan awal menulis (pre-writing technique). Dalam argument mapping ini, siswa SMA akan diarahkan untuk menulis beberapa argumen sederhana. Lalu, kegiatan ini dilanjutkan dengan penulisan teks analytical exposition. Beberapa kegiatan yang dibahas dalam makalah ini adalah kegiatan awal, kegiatan utama dan kegiatan akhir menulis. Pada kegiatan awal menulis, guru memperlihatkan sebuah media (gambar) pada siswa. Lalu mereka diarahkan melalui beberapa pertanyaan kepada topik yang akan dibahas. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan argument mapping. Siswa diberi sebuah argumen utama (thesis), lalu mereka diarahkan untuk memberikan argumen-argumen untuk mendukung ataupun menentang argumen utama tersebut. Siswa diarahkan untuk membuat, menghubungkan dan menyusun argumen-argumen sederhana untuk mendukung argumen utama yang harus dimiliki sebuah teks analytical exposition. Lalu guru memodelkan bagaimana menulis teks berdasarkan argument map yang sudah dibuat sebelumnya. Pada kegiatan utama, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, lalu disuruh untuk mendiskusikan dan membuat teks melalui argument mapping. Pada kegiatan akhir menulis, guru menyuruh siswa menulis teks secara individu. Diharapkan dengan penerapan teknik ini pada kegiatan pre writing dapat membantu siswa dalam menulis teks analytical exposition.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 03:16 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 03:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/759 |