Sari, Sri Ayu Kartika (2016) Persepsi Mahasiswa PPG Jurusan Sejarah Universitas Negeri Padang terhadap Pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_SRI_AYU_KARTIKA_SARI_1106549_1340_2016.pdf [thumbnail of B1_2_SRI_AYU_KARTIKA_SARI_1106549_1340_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_SRI_AYU_KARTIKA_SARI_1106549_1340_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari fenomena di lapangan mengenai program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang merupakan program terbaru yang di laksanakan oleh jurusan sejarah di Universitas Negeri Padang. Idealnya dalam sebuah program pendidikan profesi guru, mahasiswa hendaknya memiliki persepsi yang positif namun kenyataannya masih ada mahasiswa yang berpersepsi tidak baik terhadap pelaksanaan program PPG ini, seperti komponen yang ada pada asrama PPG yang peneliti dapat ketahui melalui hasil wawancara awal yang menyatakan bahwa adanya ketidak puasan bagi mahasiswa mengenai asrama diantaranya kondisi fisik bangunan yang kurang bagus serta adanya fasilitas yang kurang lengkap. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data tentang persepsi mahasiswa PPG Jurusan Sejarah Universitas Negeri Padang terhadap pelaksanaan program pendidikan profesi guru. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian campuran (mixed methodology) dengan urutan analisis kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PPG Jurusan Sejarah Universitas Negeri Padang yang berjumlah 14 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model skala likert dengan lima alternatif jawaban disertai wawancara tidak terstruktur atau wawancara bebas. Analisis instrumen dengan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) persepsi mahasiswa PPG jurusan sejarah terhadap penyelenggara program PPG sudah baik dengan tingkat capaian responden (TCR) 82,40%. (2) persepsi mahasiswa PPG jurusan sejarah terhadap sistem pembelajaran program PPG cukup baik dengan tingkat capaian responden (TCR) 77,94%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan mahasiswa PPG berpersepsi baik terhadap penyelenggara program PPG. Disisi lain mengenai sistem pembelajaran mahasiswa hanya memiliki persepsi yang cukup baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepi mahasiswa, Sejarah, Profesi guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:25 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7567 |