Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Kec. Payakumbuh.

Safitri, Ineng (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Kec. Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_INENG_SAFITRI_1300243_1327_2018.pdf] Text
B1_03_INENG_SAFITRI_1300243_1327_2018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan pengamatan yang dilakukan di SMP N 2 Kec. Payakumbuh, diketahui bahwa siswa masih sulit memahami materi-materi dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Beberapa faktor penyebab permasalah tersebut diantaranya, kurang fokusnya perhatian siswa dan siswa cepat bosan dalam mengikuti pembelajaran. Materi pelajaran disampaikan oleh guru dengan menerapkan metode ceramah sehingga siswa menjadi kurang aktif karena pembelajaran hanya berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Kec. Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk quasy experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kec. Payakumbuh Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII.3 (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII.2 (kelas kontrol). Data diambil dari hasil belajar IPS dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Data yand diperoleh di analisis dengan uji t, sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbeda secara signifikan dari hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis bahwa t hitung > t tabel yaitu 3,92 > 1,67 pada taraf signifikan α 0,05. Dengan demikian penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kec. Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Kurangnya Fokus Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:24
Last Modified: 24 Apr 2025 05:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7557

Actions (login required)

View Item
View Item