Maiziani, Fitri (2014) Pengembangan Computer-Based Testing sebagai Sarana Tes Hasil Belajar Formatif pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI SMA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_FITRI_MAIZIANI_1203693_4297_2014.pdf [thumbnail of B1_1_FITRI_MAIZIANI_1203693_4297_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_FITRI_MAIZIANI_1203693_4297_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pentingnya diketahui terhadap keberhasilan proses belajar siswa, secara
berkesinambungan guru perlu melakukan penilaian dan pengukuran terhadap
hasil belajar siswa. Tes formatif merupakan salah satu tes hasil belajar yang
memiliki kedudukan strategis dalam menilai hasil belajar siswa. Namun pada
pelaksanaannya terkadang terjadi beberapa kendala. Jika kendala-kendala yang
terjadi tidak dibenahi, maka makna serta fungsi pengukuran dan penilaian akan
bergeser. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah solusi untuk mengatasi
permasalahan tersebut dengan penelitian pengembangan Computer-Based
Testing. Sebagai sarana penelitian ini bertujun untuk menghasilkan Computer-
Based Testing (CBT) sebagai sarana tes hasil belajar formatif pada mata
pelajaran TIK kelas XI SMA yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan
yang digunakan adalah model 4D. mulai dengan analisis kebutuhan, disain CBT,
mengembangkan CBT dan tahap akhir adalah melakukan revisi. Hasil
pengembangan CBT diuji validitasnya oleh tiga orang ahli yang mengkonfirmasi
keabsahan CBT. selanjutnya dilakukan uji coba terhadap CBT untuk melihat
kepraktisan dan keefektifannya. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan
yang dilakukan, maka dapat diketahui CBT praktis dan efektif untuk diguakan.
CBT yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam
mengatasi permasalahan yang terjadi pada saat pelaksanaan tes hasil belajar
formatif. CBT yang dikembangkan dapat dimanfaatkan pada situasi pelaksanaan
tes lainnya seperti tes sumatif, UH, dan lain sebagainya, serta CBT dapat
digunakan untuk seluruh mata pelajaran. Kepada pendidik disarankan untuk
dapat menggunakan CBT sebagai sarana dalam mempermudah pelaksanaan tes
formatif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 05:03 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 05:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7551 |