Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Prakarya untuk Kelas VIII di SMP

Hayati, Nurhanifa (2019) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Prakarya untuk Kelas VIII di SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NURHANIFAH_HAYATI_14004011_5202_2019.pdf] Text
B1_3_NURHANIFAH_HAYATI_14004011_5202_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, dengan menggunakan Software Lectora Inspire dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan masalah belajar siswa, dimana siswa tidak aktif dan kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Kondisi ini menimbulkan kebosanan dan kejenuhan terhadap kegiatan pembelajaran yang diikuti oleh siswa. Oleh karena itu dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif, diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan yang di alami oleh siswa dalam proses pembelajaran. Karena multimedia pembelajaran interaktif itu dapat menampilkan teks, gambar, video, suara dan animasi. Maka dari itu, tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Prakarya untuk kelas VIII di SMP dengan menggunakan Software Lectora Inspire yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development / R&D), dalam penelitian ini mencakup 3 aspek yaitu validitas, praktikalitas dan efektivitas. Model pengembangan produk yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif yaitu Model Borg and Gall”. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pengembangan Produk Awal, (3) Validasi Produk, (4) Uji Coba, dan (5) produk Akhir. Produk yang penulis kembangkan sudah termasuk ke dalam kategori valid, dari segi media dengan rata-rata 4,96 dalam kategori valid, dari segi materi memperoleh rata-rata 4,29 dengan kategori valid, dilihat dari praktikalitas sudah layak dengan memperoleh nilai 91% dalam kategori sangat praktis. Selanjutnya diperoleh t hitung sebesar 5,89 dan selanjutnya dicari t. tabel menggunakan tabel t dengan df = 26-1 =25 dengan α 0,05 maka t tabel i = 2,060. Dengan demikian t hitung > dari t. tabel , sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil pretest dengan postest, maka dari itu, pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ada pengaruh terhadap mata pelajaran Prakarya untuk kelas VIII di SMP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran, Software Lectora Inspire, Prakarya
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 24 Apr 2025 04:59
Last Modified: 24 Apr 2025 05:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7549

Actions (login required)

View Item
View Item