Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Time Token dengan Tipe Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X Jurusan Perhotelan SMK N 9 Padang.

Desi, Indriana (2019) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Time Token dengan Tipe Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X Jurusan Perhotelan SMK N 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_INDRIANA_DESI_15004058_3830_2019.pdf] Text
B1_03_INDRIANA_DESI_15004058_3830_2019.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Indonesia di SMKN 9 Padang. Hal ini dikarenakan dalam menyampaikan materi pelajaran guru lebih sering menggunakan metode ceramah sehingga siswa pasif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat signifikansi perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Time Token dengan Model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran SMK N di kelas X SMKN 9 Padang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif jenis quasy experiment dengan penerapan model pembelajaran Time Token pada kelas X PH.4 sebagai kelas eksperimen 1 dan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada kelas X PH.5 sebagai kelas eksperimen 2. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 9 Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu kelas X PH.4 dan X PH.5 dengan masing-masing siswa berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk soal objektif sebanyak 40 butir soal dan data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka diperoleh nilai rata-rata 88,667 pada kelas X PH.4, sedangkan untuk kelas X PH.5 diperoleh nilai rata-rata 77,833. Pada pengujian hipotesis diperoleh t hitung i sebesar 8,564 dan t tabel sebesar 2,042 pada taraf nyata α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Time Token lebih tinggi dari pada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran pembelajaran Snowball Throwing. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Time Token tidak berbeda secara signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Time Token, Snowball Throwing, hasil belajar, perbandingan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 24 Apr 2025 04:58
Last Modified: 24 Apr 2025 04:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7548

Actions (login required)

View Item
View Item