Pengaruh Penerapan Metode Kooperatif Tipe MURDER terhadap Penguasaan Pola Kalimat Bahasa Jepang (Bunkei) pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Padang

Dhila, Nurfa (2016) Pengaruh Penerapan Metode Kooperatif Tipe MURDER terhadap Penguasaan Pola Kalimat Bahasa Jepang (Bunkei) pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NURFA_DHILA_1208924_5753_2016.pdf] Text
B1_3_NURFA_DHILA_1208924_5753_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan sistem gramatikal khususnya tentang pola kalimat (bunkei) yang digunakan dalam bahasa Indonesia (bahasa ibu) dengan pola kalimat bahasa Jepang. Disamping itu, banyaknya penggunaan partikel (joushi) yang berbeda dan pilihan kata “memakai” dalam bahasa Jepang yang terdapat pada bunkei yang menyatakan aktivitas memakai, juga menyulitkankan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa agar bisa memahami penggunaan bunkei yang menyatakan aktivitas memakai dengan baik. Untuk itu, penulis mencoba melakukan penelitian tentang pola kalimat tersebut dengan menggunakan metode kooperatif tipe MURDER. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu “posttest only control grup design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang dan sampelnya adalah 30 orang siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 30 orang siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah skor hasil tes akhir penguasaan bunkei yang menyatakan aktivitas memakai tanpa dan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe MURDER siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang. Skor hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang terjadi. Berdasarkan hasil uji-t, metode pembelajaran kooperatif tipe MURDER berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan bunkei yang menyatakan aktivitas memakai pada siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang karena t hitung > t tabel (6,84 > 1,70) pada taraf signifikan 0,05. Jadi, dapat dikatakan bahwa penguasaan bunkei yang menyatakan aktivitas memakai siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang dengan menggunakan metode kooperatif tipe MURDER lebih baik dari pada tanpa menggunakan metode kooperatif tipe MURDER.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MURDER, Bunkei
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 24 Apr 2025 04:53
Last Modified: 24 Apr 2025 04:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7541

Actions (login required)

View Item
View Item