Febritama, Siska (2019) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Mind Map Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik di SMPN 28 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SISKA_FEBRITAMA_15031121_2787_2019.pdf [thumbnail of B1_3_SISKA_FEBRITAMA_15031121_2787_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SISKA_FEBRITAMA_15031121_2787_2019.pdf
Download (12MB)
Abstract
Hasil pencapaian kompetensi belajar IPA di SMPN 28 Padang tergolong rendah karena pada proses pembelajaran masih berpusat pada guru, dan guru masih mengunakan metode ceramah. Peserta didik cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran IPA harus dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar dapat mendorong keaktifan peserta didik untuk meningkatkan kompetensi belajarnya. Salah satu cara yang digunakan untuk memotivasi dan mengaktifkan peserta didik dalam suasana yang menyenangkan adalah menerapkan model discovery learning berbantuan mind map. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh penerapan model discovery learningberbantuan mind map terhadap kompetensi belajar peserta didik di SMPN 28 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control–Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 28 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknikPurposive Sampling, terambil kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini meliputi hasil belajar dari tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Instrumen penelitianberupa tes hasil belajar, format observasi ranah afektif dan lembaran penilaian psikomotor. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai kompetensi pengetahuan peserta didik kelas eksperimen 68 > kelas kontrol 55 (t hitung 4,66 > t tabel 1,66), pada kompetensi sikap kelas eksperimen 80 > kelas kontrol 73 (t hitung 2,76 > t tabel 1,66), dan pada kompetensi keterampilan kelas eksperimen 75 > kelas kontrol 65 (t hitung 3,62>t tabel 1,66), sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwadengan menerapkan model discovery learning berbantuan mind mapberpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik di SMPN 28 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, Mind Map, Kompetensi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 04:53 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 04:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7540 |