Putri, Siska Engria (2015) Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Bonelab terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VIII di Kelas VIII SMP N 16 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SISKA_ENGRIA_PUTRI_1100420_4978_2015.pdf [thumbnail of B1_3_SISKA_ENGRIA_PUTRI_1100420_4978_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SISKA_ENGRIA_PUTRI_1100420_4978_2015.pdf
Download (4MB)
Abstract
Siswa di SMP N 16 Padang terutama kelas VIII mempunyai perhatian yang kurang terhadap mata pelajaran Biologi sehingga nilai rata-rata Semester Ganjil mata pelajaran Biologi siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penyebabnya adalah siswa kurang konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran, siswa kurang memahami materi yang diajarkan, kurangnya minat serta motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dan media yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang variatif serta masih bersifat konvensional. Agar perhatian siswa terfokus pada materi pelajaran, maka digunakan media pembelajaran aplikasi Bonelab. Untuk melihat apakah penggunakan media pembelajaran aplikasi Bonelab ini berhasil, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk melihat keefektifan media pembelajaran aplikasi Bonelab untuk mata pelajaran Biologi dengan materi Sistem Gerak Pada Manusia pada Kelas VIII SMP N 16 Padang. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kuantitatif Quasy Eksperiment dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 16 Padang, teknik pengambilan sampelnya adalah dengan purposive sampling,dan teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal, data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan penelitian yang dilakukan Di SMP N 16 Padang pada kelas VIII.7 yang dijadikan kelas eksperimen diperoleh nilai rata- rata 77,3 sedangkan untuk kelas VIII.6 yang dijadikan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 71,9. Ini menunjukkan bahwa media pembelajaran aplikasi Bonelab memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar siswa, karena terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (t i hitung > t ). Dengan demikian menunjukkan bahwa media pembelajaran aplikasi Bonelab efektif dalam pelajaran Biologi pada materi Sistem Gerak pada Manusia kelas VIII SMP N 16 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Bonelab, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 04:08 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 04:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7531 |