Izzati, Nur (2012) Pengaruh Penggunan Computer Based Instruction Model Drills Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Metematika Kelas IV SDN 01 Muara Panas Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NUR_IZZATI_72277_2468_2013.pdf [thumbnail of B1_3_NUR_IZZATI_72277_2468_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NUR_IZZATI_72277_2468_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena di sekolah bahwa proses pembelajaran berpusat pada guru, sehingga kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar matematika. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa belum mencapai batas kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penggunaan computer based instruction model drills terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui penggunaan computer based instruction model drills pada pembelajaran matematika kelas IV SDN 01 Muara Panas Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitan One Shot Case Study. Pada desain ini peneliti menggunakan satu kelas subjek penelitian dengan populasi seluruh siswa kelas IV SDN 01 Muara Panas Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok semester II sebanyak 29 orang dan sampel berjumlah 29 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah Satruration Sampling atau sampel jenuh. Teknik pengumpulan data digunakan tes dengan soal objektif berjumlah 30 butir soal dan alat pengumpul data yang digunakan adalah lembaran tes dan nilai hasil belajar siswa ketika guru menggunakan metode konvensional, kemudian diolah dengan menggunakan t– test. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa ketika guru menggunakan metode konvensional 56,73 dan SD 15,33 sedangkan nilai rata–rata hasil belajar siswa ketika menggunakan computer based instruction model drills 69,38 dan SD 12,74. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis (uji t) diperoleh t hitung = 5,627 dengan derajat kebebasan 28 dan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh t tabel = 1,701 sehingga t hitung > t tabel yaitu 5,627 > 1,701. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan computer based instruction model drills berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 01 Muara Panas Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Computer Based Instruction, Model Drills, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 04:00 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 04:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7512 |