Using „Guiding Questions‟ to Promote Learners‟ Confidence in Speaking Fluency at Junior High School

Annisa, Nur (2012) Using „Guiding Questions‟ to Promote Learners‟ Confidence in Speaking Fluency at Junior High School. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NUR_ANNISA_77077_3231_2012.pdf] Text
B1_3_NUR_ANNISA_77077_3231_2012.pdf

Download (428kB)

Abstract

Berdasarkan kurikulum yang dipakai di Indonesia, yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP 2006) siswa SMP harus memiliki kemampuan berbicara bahasa Inggris. Siswa harus memiliki ide-ide yang akan disampaikan, mempunyai kosa kata yang memadai, mengerti struktur bahasa, mengerti cara pengucapan yang benar dan tepat dan juga mempunyai rasa percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris. Namun kenyataannya, siswa mempunyai permasalahan bagaimana memulai pembicaraan tentang suatu topik dan juga kurang termotivasi untuk berbicara bahasa Inggris. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis mencoba membahas tentang teknik pengajaran dengan menggunakan Guiding Questions sebagai teknik untuk meningkatkan kemampuan dan memotivasi siswa berbicara bahasa Inggris. Dalam kegiatan ini, guru terlebih dahulu menjelaskan langkah-langkah dalam kegiatan berbicara dengan menggunakan teknik Guiding Questions. Sebelum pembelajaran dimulai, guru menyiapkan topik yang akan dipelajari oleh siswa, media yang akan digunakan sebagai alat bantu dan selanjutnya guru membuat pertanyaan yang berfungsi sebagai Guiding Questions dan yang terakhir yaitu membuat rencana pembelajaran (RPP). Guiding Questions yang disiapkan guru telah disusun berdasarkan topik yang akan dipelajari. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa, siswa menjawab, dan guru memberi waktu untuk siswa mengerjakan tugas. Setelah itu siswa satu persatu akan mempresentasikan tugas mereka ke depan kelas dengan menggunakan bahasa Inggris sesuai kemampuan yang mereka miliki. Setelah semua siswa tampil ke depan kelas guru membuat kesimpulan tentang topik yang telah dipelajari. Guiding Questions diharapkan dapat membantu siswa dalam berbicara bahasa Inggris sehingga memudahkan mereka menuangkan ide-ide. Penulis berharap agar guru menggunakan teknik ini dalam pengajaran berbicara khususnya, sehingga siswa dapat menyampaikan ide mereka dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guiding Questions, Promote Learners, Speaking
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:20
Last Modified: 24 Apr 2025 03:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7497

Actions (login required)

View Item
View Item