Dewi, Sinta Purnama (2016) Pengembangan Modul IPA Berdasarkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Make a Match Tentang Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia untuk Siswa SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SINTA_PURNAMA_DEWI_1101294_3564_2016.pdf [thumbnail of B1_3_SINTA_PURNAMA_DEWI_1101294_3564_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SINTA_PURNAMA_DEWI_1101294_3564_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Proses pembelajaran IPA yang diterapkan oleh guru disekolah mendominasi pada penguasaan materi (aspek kognitif) siswa saja, melalui metode ceramah serta Bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran belum memadai. Hal ini membuat siswa perlu dibimbing dalam memahami pelajaran yaitu dengan pendekatan pembelajaran Salah satunya pendekatan pembelajaran adalah inkuiri terbimbing. Inkuiri terbimbing dapat membantu siswa belajar menemukan konsep secara sendiri. Inkuiri terbimbing membantu siswa dalam menyelesaikan evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran salah satunya make a match. Make a match merupakan model pembelajaran mencari pasangan dengan mencocokkan kartu soal dan kartu jawaban yang dapat menciptakan suasana belajar menyenangkan bagi siswa. Bahan ajar yang tersedia dalam penggunaannya masih membutuhkan bimbingan guru, termasuk materi sistem peredaran darah pada manusia. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan menghasilkan modul IPA berdasarkan pendekatan inkuiri terbimbing dilengkapi make a match tentang materi sistem peredaran darah pada manusia untuk siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahap dari 4-D model, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang dosen sebagai validator, 2 orang guru sebagai validator dan subjek uji praktikalitas terdiri atas 20 orang siswa kelas VIII SMPN 15 Padang. Data penelitian adalah data primer yang dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, telah dihasilkan produk berupa modul IPA berdasarkan pendekatan inkuiri terbimbing dilengkapi make a match tentang materi sistem peredaran darah pada manusia. Hasil uji validitas dengan kriteria valid dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikaan. Hasil uji praktikalitas oleh guru dengan kriteria praktis sedangkan hasil uji praktikalitas oleh siswa dengan kriteria praktis dari aspek kemudahan penggunaan, waktu pembelajaran dan manfaat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul IPA berdasarkan pendekatan inkuiri terbimbing yang dikembangkan memiliki kriteria valid, praktis digunakan untuk guru, dan siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Sistem Peredaran Darah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 03:19 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 03:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7493 |