Dafri, Dafri (2011) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi terhadap Disiplin Kerja Guru SMA Negeri Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DAFRI_51349_3491_2012.pdf [thumbnail of B1_1_DAFRI_51349_3491_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DAFRI_51349_3491_2012.pdf
Download (93kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan di lapangan terlihat kurangnya Disiplin Kerja Guru
SMA Negeri Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini dikhawatirkan
akan berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan yang akhirnya akan berkontribusi
pencapaian tujuan pendidikan. Faktor-faktor yang diduga berkontribusi Disiplin Kerja
Guru adalah Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi. Oleh karena itu
perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya.
Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi Kepemimpinan Kepala
Sekolah dan Motivasi Berprestasi terhadap Disiplin Kerja Guru. Hipotesis yang diuji
dalam penelitian ini adalah : 1) Kepemimpinan Kepala sekolah berkontribusi terhadap
Disiplin Kerja Guru, 2) Motivasi Berprestasi berkontribusi terhadap Disiplin Kerja Guru,
3) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi secara bersama-sama
berkontribusi terhadap Disiplin Kerja Guru.
Populasi penelitian ini adalah guru SMA di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten
Pesisir Selatan yang berjumlah 131 orang dan sampel penelitian 55 orang, diambil
dengan mengunakan teknik stratified proportional randam sampling, dengan
mempertimbangkan strata tingkat pendidikan dan masa kerja. Instrument penelitian yang
digunakan untuk pengambilan data adalh angket berskala likert yang telah diuji
kesahihan dan keandalannya.
Hasil analisis data menunjukan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah
berkontibusi terhadap Disiplin Kerja Guru SMA sebesar 8,5% dengan tingkat pencapaian
cukup dan Motivasi Berprestasi berkontribusi terhadap Disiplin Kerja Guru SMA sebesar
14,6 dengan tingkat pencapaian kurang, serta Kepemimpinan Kepala Sekolah dan
Motivasi Berprestasi secara bersama-sama berkontribusi terhadap Disiplin Kerja Guru
SMA sebesar 18,8% dengan tingkat pencapaian cukup.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut di atas, disimpulkan bawa Kepemimpinan
Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi, adalah dua predictor yang potensial, dengan
pengertian bahwa Disiplin Kerja Guru SMA Negeri Kecamatan Batang Kapas Kabupaten
Pesisir Selatan dapat ditingkatkan melalui Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi
Berprestasi guru-guru.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 03:18 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 03:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7490 |