Suryani, Sindi (2021) Analisis Kesulitan Belajar Biologi melalui Pembelajaran Daring dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X di SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SINDI_SURYANI_17031040_4420_2021.pdf [thumbnail of B1_3_SINDI_SURYANI_17031040_4420_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SINDI_SURYANI_17031040_4420_2021.pdf
Download (5MB)
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran daring adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Salah satu faktor yang yang mempengaruhi hasil belajar adalah kesulitan belajar. Kesulitan belajar merupakan hambatan atau gangguan pada individu yang mengakibatkan individu tersebut tidak dapat belajar dengan baik. Hasil observasi di SMAN 8 Padang menunjukkan peserta didik Kesulitan belajar biologi pada pembelajaran daring. Hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase dan kategori kesulitan belajar biologi peserta didik melalui pembelajaran daring. Dan untuk mengetahui hubungan kesulitan belajar biologi melalui pembelajaran daring dengan hasil belajar peserta didik kelas X di SMAN 8 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang telah dilakukan pada bulan Desember 2020 sampai Juli 2021 di kelas X SMAN 8 Padang pada tahun pelajaran 2020/2021. Sampel penelitian berjumlah 94 orang peserta didik yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah teknik Proportionate Stratified Random Sampling dengan proporsi sampel sebesar 50%. Instrumen penelitian menggunakan angket kesulitan belajar biologi melalaui pembelajaran daring. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan korelasi Spearman Rank kemudian dilakukan uji t untuk mengetahui korelasinya. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kesulitan belajar biologi melalui pembelajaran daring peserta didik kelas X di SMAN 8 Padang termasuk kategori tinggi sebesar 67,41%. Dan adanya korelasi antara kesulitan belajar biologi melalui pembelajaran daring dengan hasil belajar peserta didik kelas X di SMAN 8 Padang termasuk kriteria rendah dengan nilai r = 0,254: koefisien nilai t hitung yaitu 2,604 lebih besar dari t tabel yaitu 1,986, sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesulitan belajar biologi melalui pembelajaran daring dengan hasil belajar peserta didik kelas X di SMAN 8 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Daring |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 03:17 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 03:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7486 |