Strategi Pembelajaran yang Digunakan Guru dalam Pengembangan Kreativitas Siswa Kelas XI di SMK Negeri 3 Pekanbaru Provinsi Riau

Dameria, Dameria (2010) Strategi Pembelajaran yang Digunakan Guru dalam Pengembangan Kreativitas Siswa Kelas XI di SMK Negeri 3 Pekanbaru Provinsi Riau. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DAMERIA_91542_3493_2012.pdf] Text
B1_1_DAMERIA_91542_3493_2012.pdf

Download (54kB)

Abstract

Dimana ditemukan pengembangan kreativitas siswa dalam proses
pembelajaran di kelas kurang dikembangkan, baik melalui proses pembelajaran
maupun melalui lingkungan belajar yang kondusif bagi kreativitas siswa di kelas.
Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan informasi tentang bagaimana strategi
pembelajaran yang digunakan guru dalam pengembangan kreativitas Siswa dan
bagaimana kreativitas siswa dikembangkan guru melalui lingkungan belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengikuti langkah
langkah Huberman. Data diperoleh melalui teknik pengamatan, wawancara, dan
studi dokumentasi. Data dianalisa dengan cara reduksi, presentasi data, dan
pengambilan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data dilakukan perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi data dan diskusi dengan teman
sejawat.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (a) pengembangkan kreativitas siswa
melalui proses pembelajaran oleh guru terhadap siswa belum dilakukan dengan
optimal, baik melalui pendekatan “inquiry” (pencaritahuan) dalam proses
pengajaran, sumbang saran (brain storming), memberikan penghargaan bagi prestasi
kreatif maupun dengan meningkatkan pemikiran kreatif melalui banyak media; dan
(b) pengembangkan kreativitas siswa melalui lingkungan belajar yang kondusif oleh
guru terhadap siswa kurang dilakukan dengan baik, karena guru kurang memberikan
kesempatan yang luas bagi siswa untuk berperilaku kreatif, guru kurang menjalinkan
hubungan yang harmonis dengan siswa melalui interaksi proses pembelajaran,
pengembangan lingkungan belajar yang kondusif dilakukan guru pada kegiatan
ekstra kurikuler, guru kurang memanfaatkan sumber dan media pembelajaran yang
ada, dan guru belum maksimal membimbing dan membina siswa sesuai dengan
minat dan bakatnya serta kurang memperhatikan siswa-siswa yang mempunyai
kemampuan rendah

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:15
Last Modified: 24 Apr 2025 02:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7468

Actions (login required)

View Item
View Item