Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division untuk Melihat Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMPN 2 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2011/2012

Sari, Niki Paramita (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division untuk Melihat Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMPN 2 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_NIKIPARAMITA SARI_86186.pdf] Text
B1_2_NIKIPARAMITA SARI_86186.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 2 Padang Panjang belum berkembang dengan optimal. Salah satu cara yang diperkirakan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perkembangan pemahaman konsep matematika siswa selama diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah gabungan deskriptif dan eksperimen. Penelitian deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematika siswa selama diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Rancangan penelitian eksperimen yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Padang Panjang tahun pelajaran 2011/2012 kecuali kelas VII A.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga terpilih kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol. Instrumen
penelitian adalah kuis dan tes pemahaman konsep matematika. Data tes dianalisis menggunakan uji-t, sedangkan kuis menggunakan rubrik penskoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa cenderung meningkat dan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada
pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Apr 2025 01:58
Last Modified: 24 Apr 2025 01:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7462

Actions (login required)

View Item
View Item