Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar

Ilahi, Fitratul (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_FITRATUL_ILAHI_16124027_381_2021.pdf] Text
B1_1_FITRATUL_ILAHI_16124027_381_2021.pdf

Download (661kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh model Problem
Based Learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar tematik terpadu di
kelas IV Sekolah Dasar13 Kapalo Koto.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design
dengan menggunakan bentuk Nonequivalent Control group Design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV Di Sekolah Dasar
Negeri 13 Kapalo Koto Kota Padang dengan sampel kelas IV A sebagai kelas
kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara
Purposive Sample. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi
aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hipotesis yang diajukan diuji dengan
menggunakan uji chi kuadrad dan uji-t.
Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan disimpulkan sebagai
berikut ini. Pertama, terdapat perbedaan aktivitas yang signifikan bagi peserta
didik yang diajar menggunakan model PBL dengan aktivitas peserta didik yang
diajar menggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan perhitungan
diperoleh harga chi kuadrat sebesar 13,80 dengan taraf signifikan 5% adalah
7,815, harga chi hitung lebih besar dari chi tabel sehingga H1 diterima. Kedua,
terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan bagi peserta didik yang diajar
menggunakan model PBL dengan hasil belajar peserta didik yang diajar
menggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan perhitungan diperoleh t
hitung sebesar 3,88 dengan taraf signifikan 5% adalah 2003, harga t hitung lebih
besar dari t tabel sehingga H1 diterima

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:05
Last Modified: 24 Apr 2025 03:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7459

Actions (login required)

View Item
View Item