Rahmadhani, Silvia (2013) Pengaruh Penggunaan Strategi Belajar Aktif Tipe Listener Team terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran TI&K pada Kelas VII di SMP Negeri 1 2 X 11 Enam Lingkung. 2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SILVIA_RAMADHANI_04019_3290_2013.pdf [thumbnail of B1_3_SILVIA_RAMADHANI_04019_3290_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SILVIA_RAMADHANI_04019_3290_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP N 1 2 x 11 Enam Lingkung, terlihat proses belajar mengajar masih kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Listener Team terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K kelas VIII SMP N 1 2 x 11 Enam Lingkung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian quasy experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 2x11 Enam Lingkung, pada tahun ajaran 2012/2013 dan teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Sampel adalah siswa kelas VII.2 (kelas eksperimen) dan siswa kelas VII.3 (kelas kontrol). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, alat pengumpul data yaitu lembaran soal. Setelah di peroleh data, kemudian dianalisis menggunakan uji t. Dari hasil penelitan diperoleh nilai rata-rata pembelajaran yang menggunakan Strategi Listener Team (75,7) lebih tinggi dari pembelajaran yang menggunakan metode Konvensional (69,4). Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Listener Team dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran TI&K dengan materi pelajaran Mempraktekkan keterampilan dasar komputer lebih efektif belajarnya jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional di SMP N 1 2x11 Enam Lingkung pada taraf kepercayaan α 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar Aktif, Listener Team, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 01:55 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 01:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7455 |