Afrila, Lusi (2019) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Kinect untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Anggota Tubuh bagi Anak Tunagrahita Ringan SLB N 1 Kubung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_LUSI_AFRILA_14003010_5365_2019.pdf [thumbnail of B1_2_LUSI_AFRILA_14003010_5365_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_LUSI_AFRILA_14003010_5365_2019.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan
yaitu seorang anak tunagarhita ringan di SLB N 1 Kubung yang mengalami
kesulitan dalam pembelajaran IPA mengenal anggota tubuh dengan
menggunakan media konkrit. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini
bertujuan untuk membuktikan efektivitas penggunaan media pembelajaran
berbasis kinect dalam upaya meningkatkan kemampuan mengenal anggota
tubuh anak tunagrahita ringan di SLB N 1 Kubung.
Penelitian ini menggunakan metode single subject research (SSR)
dengan disain penelitian A-B-A. Subjek penelitiannya adalah seorang anak
tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi
langsung melalui tes perbuatan dengan format pencatatan data. Data dianalisis
menggunakan teknik analisis data visual grafik.
Berdasarkan hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi didapatkan
bahwa kemampuan mengenal anggota tubuh anak tunagrahita ringan
meningkat secara positif setelah diberikan intervensi dengan menggunakan
media pembelajaran berbasis kinect.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TUNAGRAHITA RINGAN, ANGGOTA TUBUH, KINECT |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 01:15 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 01:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7434 |