Utami:, Febyola Putri (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Bukit Sundi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_FEBYOLA_PUTRI_UTAMI_16029060_1200_2022.pdf [thumbnail of B1_01_FEBYOLA_PUTRI_UTAMI_16029060_1200_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_FEBYOLA_PUTRI_UTAMI_16029060_1200_2022.pdf
Download (8MB)
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan dari
pembelajaran matematika yang diharapkan dapat berkembang dengan
optimalpada diri peserta didik. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan
masalah matematis peserta didik kelas IX SMPN 2 Bukit Sundi masih rendah.
Hal ini dilihatdengan memberikan soal tes kemampuan pemecahan masalah
matematis dan ditemukan fakta bahwa peserta didik belum mampu menyelesaikan
permasalahan matematis secara tepat dan benar. Salah satu upaya yang dapat
dilakukan untukmengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model
pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah
matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model
pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)lebih baik dari pada kemampuan
pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan
penerapan model pembelajaran langsung dan untuk mengetahui serta
mendeskripsikan bagaimana perkembangan kemampuan pemecahan masalah
matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model
pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) di kelas IX SMPN 2 Bukit Sundi.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu (quasi
Eksperimen) dengan rancangan penelitian menggunakan Randomized Contro
lGroup Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX
SMPN 2 Bukit Sundi Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan teknik
Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas IX.1 sebagai kelas eksperimen
dan IX.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes
akhir kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay. Data yang
diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t.
Berdasarkan analisis tes akhir diperoleh P-value = 0,04. Karena P-Value
kurang dari �= 0,05 artinya terdapat pengaruh dari penerapan model
pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematis peserta didik, sehingga kemampuan pemecahan masalah
matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Creative
Problem Solving (CPS) lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah
matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 22:30 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 22:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7432 |