Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMKN 1 Pekanbaru

Rahmi, Fitra (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMKN 1 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_FITRA_RAHMI_1209103_263_2015 msl.pdf] Text
B1_1_FITRA_RAHMI_1209103_263_2015 msl.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa
SMKN 1 Pekanbaru, dengan melalui tiga rumusan masalah; (1) Apakah hasil
belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
lebih tinggi dari pada hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model
pengajaran langsung (Direct Instruction)?, (2) Apakah hasil belajar fisika siswa
yang mempunyai motivasi belajar tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar fisika
siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah?, (3) Apakah terdapat interaksi
antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika
siswa?
Penelitian ini adalah penelitian dengan quasi eksperimen dengan desain
treatment block. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Pekanbaru semester ganjil
tahun 2014/2015. Sampel diambil dengan Porposive Random Sampling. Data
penelitian dikumpulkan melalui tes akhir dan dianalisa dengan uji-t dan analisa
varians.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Perbedaan rata-rata hasil belajar
fisika pada kelas eskperimen dan kelas control dapat dikatakan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memberikan pengaruh yang signifikan
terhadap hasil belajar, yakni hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dari pada hasil belajar fisika
siswa yang diajar dengan model pengajaran langsung (Direct Instruction), (2)
Hasil belajar fisika siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi lebih tinggi
dari hasil belajar fisika siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, (3) Tidak
terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan
motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 23 Apr 2025 10:21
Last Modified: 23 Apr 2025 10:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7420

Actions (login required)

View Item
View Item