Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII di SMP Negeri 34 Padang

Asmi, Nur (2013) Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII di SMP Negeri 34 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NUR ASMI_01251_1050_2013.pdf] Text
B1_3_NUR ASMI_01251_1050_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, menuntut guru mencari berbagai model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu diantaranya adalah menerapkan model Cooperative Learning Tipe Make A Match. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan model Cooperative Learning Tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII semester I di SMP Negeri 34 Padang tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat quasy eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang pada tahun ajaran 2012/2013. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII 3 (kelas eksperimen) dan VIII 2 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes dalam bentuk soal objektif sebanyak 30 butir soal. Setelah di peroleh data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett kemudian dianalisis dengan menggunakan t-tes. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen yang menerapkan model Cooperative Learning Tipe Make A Match 82,8 dengan standar deviasi (SD) 5,00 dan nilai rata-rata kelompok kontrol yang tidak menerapkan model Cooperative Learning Tipe Make A Match 79,1 dengan standar deviasi (SD) 4,17. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 3,26 sedangkan t tabel adalah 2,39 untuk taraf signifikansi 0,05, sehingga t hitung besar dari t tabel . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning Tipe Make A Match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII di SMP Negeri 34 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Make A Match, TIK
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 23 Apr 2025 10:20
Last Modified: 23 Apr 2025 10:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7413

Actions (login required)

View Item
View Item