Pengaruh Strategi Active Learning tipe True or False terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis

Naldi, Novri (2019) Pengaruh Strategi Active Learning tipe True or False terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NOVRI_NALDI_14031014_3294_2019.pdf] Text
B1_3_NOVRI_NALDI_14031014_3294_2019.pdf

Download (7MB)

Abstract

Rendahnya kompetensi belajar biologi peserta didik disebabkan oleh beberapa permasalahan yang ditemui saat berlangsungnya pembelajaran, diantaranya karena model atau strategi yang digunakan belum melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, peserta didik menjadi cepat bosan dan sulit memahami materi pelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi belajar biologi peserta didik adalah dengan menerapkan strategi Active Learning tipe True or False yang menuntut peserta didik untuk aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penggunaan strategi Active Learning tipe True or False terhadap kompetensi belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis pada materi Animalia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan The Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan strategi Active Learning tipe True or False. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar, penilaian sikap dan keterampilan berupa lembar observasi. Data kompetensi pengetahuan dianalisis dengan menggunakan uji t, sedangkan data kompetensi sikap dan keterampilan dianalisis menggunakan uji U. Hasil uji t diketahui bahwa pada kompetensi pengetahuan t hitung > t tabel (2,10 > 2,00). Hasil uji u kompetensi sikap diketahui nilai Z hitung > Z tabel (3,58 > 0,00), dan kompetensi keterampilan nilai Z hitung > Z tabel (2,05 > 0,04). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis kerja (H 1 ) diterima dan hipotesis nol (H 0 ) di tolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa strategi Active Learning tipe True or False berpengaruh positif secara signifikan terhadap kompetensi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Active Learning, True or False, Kompetensi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 23 Apr 2025 10:20
Last Modified: 23 Apr 2025 10:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7409

Actions (login required)

View Item
View Item