Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik (MSPE) Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Sijunjung

Betri, Aidil (2016) Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik (MSPE) Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_AIDIL_BETRI_16361_3754_2016.pdf] Text
B1_03_AIDIL_BETRI_16361_3754_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

enelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media yang kurang tepatdalam pembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik yang lebihmenitikberatkan pada pemahaman konsep yang cenderung bersifat abstrak.Penggunaan media yang kurang tepat ini akan mengakibatkan motivasi dan minatbelajar siswa menurun sehingga akan berimplikasi pada ketuntasan hasil belajarsiswa. Oleh karena itu, diperlukan penerapan media Pembelajaran interaktifmenggunakan adobe flash yang dirancang untuk mampu memvisualisasikan konsepkonsep yang bersifat abstrak yang menyulitkan siswa dalam memahami materi padaPembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik (MSPE) denganmemanfaatkan komputer.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajarsiswa menggunakan media Pembelajaran menggunakan adobe flash pada matapelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik (MSPE) kelas XIjurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 2 Sijunjung. Jenis penelitian iniadalah penelitian eksperimen yang dikategorikan ke dalam jenis penelitian PraEksperimental (Pre-Experimental) dengan rancangan Satu Kelompok Pre-test-Posttest (The One Group Pretest-Posttest). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XIJurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Sijunjung, pada tahun ajaran2015/2016. Uji coba instrument dilakukan pada kelas XI Jurusan Teknik InstalasiTenaga Listrik SMK N 2 Sawahlunto.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang telahmenggunakan media Pembelajaran interaktif menggunakan adobe flash (72,00) lebihtinggi, dari pada nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan mediapembelajaran interaktif menggunakan adobe flash (56,72). Hal ini juga dapat dilihatdari peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan mediaPembelajaran interaktif, dengan kompetensi dasar Memahami prinsip kerjaPengoperasian sistem pengendali elektromagnetik terdapat peningkatan hasil belajarsiswa 0.342 pada kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa mediapembelajaran interaktif menggunakan adobe flash yang diterapkan dapatmeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mengoperasikan SistemPengendali Elektromagnetik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran interaktif mmenggunakan adobe flash dan Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 23 Apr 2025 10:20
Last Modified: 23 Apr 2025 10:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7407

Actions (login required)

View Item
View Item