Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pendidikan Karakter Kebangsaan Siswa di SMA Negeri 3 Padang

Novelani, Shinta N. (2013) Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pendidikan Karakter Kebangsaan Siswa di SMA Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SHINTA_N_NOVELANI_05624_3604_2013.pdf] Text
B1_3_SHINTA_N_NOVELANI_05624_3604_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena berkurangnya nilai karakter kebangsaan yang ada pada siswa terlihat dari kelakuan siswa tidak serius belajar dan menggunakan berbagai macam alat teknologi pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan guru sebagai motivator, fasilitator, pembimbing dan contoh teladan dalam menanamkan nilai demokrasi, toleransi, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penanaman pendidikan karakter kebangsaan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala penanaman pendidikan karakter kebangsaan kepada siswa di SMA Negeri 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan tekhnik Purposive Sampling. Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian dilapangan menunjukkan bahwa peranan guru sebagai motivator belum dilaksanakan oleh guru sepenuhnya masih terdapat kurangnya konsentrasi guru menanamkan pendidikan karakter kebangsaan. Peranan guru sebagai fasilitator belum sepenuhnya terlaksana dengan baik walaupun fasilitas sekolah mendukung dalam penanaman pendidikan karakter. Peranan guru sebagai pembimbing telah guru laksanakan namun terdapat kekurangan-kekurangan seperti guru memberikan materi dengan melewatkan penanaman karakter. Peranan guru sebagai contoh teladan guru telah melaksanakan namun belum sepenuhnya berhasil, keberhasilan guru sebagai contoh teladan akan terlihat dari keseharian siswa disekolah

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter, Kebangsaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 23 Apr 2025 10:18
Last Modified: 23 Apr 2025 10:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7384

Actions (login required)

View Item
View Item