Yasril, Firdawati (2013) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_FIRDAWATI_YASRIL_19666_1523_2013.pdf [thumbnail of B1_1_FIRDAWATI_YASRIL_19666_1523_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_FIRDAWATI_YASRIL_19666_1523_2013.pdf
Download (376kB)
Abstract
Berdasarkan pra survey di lapangan tergambar bahwa Kinerja Guru yang
dimiliki oleh guru SMP Negeri Kecamatan Sutera masih kurang baik. Ini terlihat
dari kurang baiknya persiapan perangkat pembelajaran yang dirancang guru, serta
kurang baiknya pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang
dilakukan guru. Hal ini dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan
pembelajaran dan pada akhirnya pada tujuan pendidikan. Selanjutnya, peneliti
menduga bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru
mempengaruhi Kinerja Guru yang dimiliki oleh guru SMP Negeri Kecamatan Sutera.
Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian
ini bertujuan untuk menjelaskan kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan
Profesionalitas Guru terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kecamatan Sutera.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) Kepemimpinan Kepala
Sekolah berkontribusi terhadap Kinerja Guru, (2) Profesionalitas Guru berkontribusi
terhadap Kinerja Guru, (3) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru
secara bersama-sama berkontribusi terhadap Kinerja Guru.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri Kecamatan
Sutera yang berjumlah 179 orang. Sampel penelitian berjumlah 42 orang yang
diambil dengan teknik stratified proportional random sampling, dengan
mempertimbangkan strata tingkat pendidikan dan masa kerja. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah angket model Skala Likert yang telah teruji validitas dan
reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah
berkontribusi terhadap Kinerja Guru sebesar 9,6%, (2) Profesionalitas Guru
berkontribusi terhadap Kinerja Guru sebesar 29,8%,(3) Kepemimpinan Kepala
Sekolah dan Profesionalitas Guru secara bersama-sama berkontribusi terhadap
Kinerja Guru sebesar 33,8%. Selanjutnya hasil analisis deskriptif mengungkap
bahwa Kinerja Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Profesionalitas Guru
sama-sama berada pada kategori baik (80,83%, 83,89% dan 85,25% dari skor ideal).
Temuan di atas mengimplikasikan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah
dan Profesionalitas Guru adalah dua faktor yang memiliki pengaruh terhadap Kinerja
Guru, akan tetapi masih banyak faktor lain yang ikut berpengaruh terhadap Kinerja
Guru yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 10:18 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 10:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7379 |