Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran TI&K yang Menggunakan Game Typing Master dan Finger Chart di Kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Guguak.

Febriani, Sherly (2013) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran TI&K yang Menggunakan Game Typing Master dan Finger Chart di Kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Guguak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SHERLY FEBRIANI_01175_1942_2013.pdf] Text
B1_3_SHERLY FEBRIANI_01175_1942_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena di sekolah tentang kurangnya perhatian siswa saat mengikuti pembelajaran TI&K. Siswa lebih sering menggunakan komputer untuk bermain game dibandingkan belajar dan menyelesaikan latihanlatihan yang diberikan oleh guru. Fenomena lain yang ditemukan yaitu banyaknya siswa yang tidak dapat mengetik dengan cepat menggunakan sepuluh jarinya sehingga siswa terkendala dalam penyelasaian tugas dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran TI&K. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan game Typing Master. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada Pembelajaran TI&K yang menggunakan game Typing Master dan Finger Chart di Kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Guguak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan Quasy Experiment Design. Populasi diambil dari seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Guguak, sebagai sampel adalah siswa kelas VIII 1 dan VIII 3 . Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling dan teknik pengumpul data yang digunakan adalah tes dan alat pengumpul data yang digunakan adalah lembaran tes. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan uji perbedaan ( t-test). Hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen sebesar 81,16 dan kelompok kontrol sebesar 67,28. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh t hitung 6,586 besar dari t tabel 2,021 pada taraf kepercayaan 0,05. Kelompok eksperimen yang belajar menggunakan game Typing Master memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan media Finger Chart. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K yang menggunakan game Typing Master dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media Finger Chart di kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Guguak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan, Hasil Belajar Finger Chart, Game Typing Master
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 23 Apr 2025 10:17
Last Modified: 23 Apr 2025 10:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7370

Actions (login required)

View Item
View Item